Beranda | Artikel
Menemukan Pola Bisnis yang Ideal
Senin, 1 Juli 2019

Menemukan Pola Bisnis yang Ideal

Oleh: Joe Minanurrohman

Memulai bisnis butuh keberanian berlipat-libat, karena melawan berbagai faktor hambatan. Baik faktor modal maupun faktor takut gagal, dll. Namun kenekatan untuk terjun langsung dalam dunia bisnis sudah menjadi batu loncatan awal menuju kesuksesan. Insya Allah..

Namun, lagi-lagi dalam bisnis ada unsur-unsur diluar dugaan manusia, dimana Allah memberikan jalan kemudahan didalamnya.

Saya ambil contoh, beberapa kawan saya menemukan pola bisnis yg sering tidak disangka-sangka. Sebutlah ia Pak Danang, beliau memulai bisnis ini juga sesuatu yg entah kebetulan atau apa..padahal sebelumnya beliau cuma mengajar di pondok, sambilan jualan herbal atau  jahe merah eceran..wes pokoke dia jualan apapun yang halal dg motor atau sepeda onthelnya. Namun ditengah jalan beliau kenal dengan peternak madu, dan dia mulai belajar pelan-pelan dan sekarang beliau fokus ternak dan grosir madu.

Kita tinggalkan permaduan diatas, kembali ke pola bisnis yg ditemukan secara tidak sengaja..

Saya ambil contoh lagi lapak degan alias kelapa muda langganan saya.

Sobat..pemilik lapak ini mantan pagawai hotel bintang 5 di Yogyakarta.

Uang pesangonpun ia gunakan untuk menyewa ruko.. Pertama kali ia bingung mau jual apa. Setelah dipikir beliaupun memilih jualan mie ayam bakso. Apalah daya setengah tahun g ada peningkatan, sempat tutup lama. Lalu beliaupun ganti dengan angkringan, ternyata angkringan sepi juga..

Tapi beliau masih pertahankan angkringan tersebut dengan menambah dagangan bensin ecer dan beberapa gelundung degan. Dan ternyata gelundungan degan itu lebih cepat laku daripada dagangan angkringan. Esoknya beliau menambah lagi jumlah degan..dan habis lagi..dst.

Dan pada akhirnya beliau lebih fokus bakul degan..dan meniadakan angkringan

Artikel asli: https://pengusahamuslim.com/6804-menemukan-pola-bisnis-yang-ideal.html